Breaking News
Loading...
Selasa, 18 November 2014

Penyakit ISPA pada Balita

08.29
Sebelum menerangkan lebih jauh tentang penyakit Penyakit ISPA pada Balita yang diderita oleh anak balita maka harus tahu dulu apa itu ISPA. ISPA adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Penyakit ini disebabkan virus yang menyerang Saluran Pernapasan Atas dan Saluran Pernapasan Bawah yang dimulai dari hidung sampai paru-paru dan organ disekitarnya diantaranya sinus, ruang telinga tengah dan selaput paru. Penyakit ISPA yang ringan disekitar kita adalah Pilek dan Flu.
Penyakit ISPA pada Balita merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dan sering menyerang pada anak BALITA. Ini disebabkan karena tingkat daya tahan tubuh BALITA masih rendah.
Jangan remehkan Penyakit ISPA pada Balita karena jika penyakit ini dibiarkan maka akan menjadi penyakti radang paru-paru (pneumonia). Dan kebanyakan yang terkena penyakit ini adalah pada anak yang kurang GIZI dan pada anak di lingkungan yang tidak sehat.
Bukan itu saja, Penyakit ISPA pada Balita jika dibiarkan dan tidak ada penanganan yang serius maka lama kelamaan penyakit ini dapat menghambat proses tumbuh kembangnya BALITA bahkan sampai menyebabkan kecacatan.
Penyakit ISPA pada Balita ini ketika diderita oleh pasien maka tidak kurang dari 14 sampai 3 minggu umumnya menghinggap pasien. Selama kurun waktu itu Penyakit ISPA pada Balita dapat disembukan dengan mudah.
Gejala Penyakit ISPA
Memahami suatu penyakit penting untuk dapat mengantisipasi terhadap penyakit yang dimaksud. Begitu pula dengan ISPA. Kita harus paham dengan gejalanya yaitu :
a. Demam
b. Batuk disertai dengan pilek dan hidung tersumbat. Dan kadang kala bersin yang ringan.
c. Sakit Kepala
d. Lesu dan Lemas
e.Sesak pernapasan

Tanda tanda Penyakit ISPA pada Balita
Kadang kita sebagai orang tua menganggap penyakit pilek dan deman pada BALITA kita sebagai penyakit biasa. Tapi perlu diwaspadai bahwa penyakit yang sering terdapat pada anak BALITA kita wajib hukumnya harus disembuhkan secara menyeluruh.
Tanda yang umum terjadi ketika anak BALITA kira terkena ISPA adalah
- Dengarkan pernapasan anak BALITA kita. Terlihat sesak dan dengan irama yang tidak teratur bahkan disertai dengan kulit wajah yang kebiruan.
- Anak BALITA meraca cemas dan tidak bisa tidur. Gelisah dan rewel merupakan tanda yang nyata ketika anak BALITA terkena ISPA.
- Anak BALITA mudah sekali berkeringat. Biasanya anak BALITA tidak mau minum dan kejang, Sehingga kesadarannya menurun.
Jika anak BALITA kita kurang minum karena tidak mau minum jika dibiarkan akan kejang dan hilang kesadaran. JIKA KEADAAN SUDAH DEMIKIAN WAJIB DIBAWA KE DOKTER.
Berikut ini tindakan yang dilakukan Orang Tua ketika tahu anak BALITAnya terkena ISPA :
a. Tidak diperbolehkan memakai Jaket atau pakaian yang tebal ataupun selimut. Ini dikarenakan kondisi badan anak BALITA sedang panas dan akan menghambat keluarnya panas.
b. Usahakan tempat tidur anak BALITA nyaman dan sehat. Cukup udara dan cahaya yang bagus.
c. Jika anak BALITA kita pilek maka bersihkan hidung dari ingus karena semakin bersih maka kotoran dan virus itu akan keluar waktu dibersihkan.
d. Beri pertolongan dengan memberikan obat antibiotik dan obat antibiotik ini harus habis
e. Terakhir seandainya dalam 2 hari tidak ada tanda tanda sembuh maka BAWA KEDOKTER.
Demikianlah keterangan dari Penyakit ISPA pada Balita dan apa yang harus dilakukan ketika anak kita terkena penyakit ISPA.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar